Selasa, 26 Februari 2013

Badan POM Musnahkan Obat dan Makanan Senilai Rp 2,65 Miliar

Share this post

Badan POM Musnahkan Obat dan Makanan Senilai Rp 2,65 Miliar

 

PALANGKARAYA - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM) memusnahkan obat dan makanan ilegal dengan nilai keekonomian mencapai Rp 2,65 miliar. Pemusnahan itu dilakukan pada produk-produk yang disita berasal dari Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Badan POM, Budi Djanu Purwanto, di Palangkaraya, Kalteng, Selasa (26/2/2013), mengatakan, pemusnahan pertama dilakukan terhadap produk-produk ilegal dari Lampung. Nilai keekonomian obat dan makanan tersebut sebesar Rp 1,02 miliar.

Produk-produk yang dimusnahkan pada 18 Februari 2013 itu merupakan hasil pengawasan pada tahun 2009-2012. Selanjutnya, dilakukan pemusnahan pada 22 Februari 2013 dengan obat serta makanan berasal dari Jakarta, Bandung, dan Serang. Nilai keekonomian produk-produk itu sebesar Rp 1,37 miliar.

Obat dan makanan yang dimusnahkan merupakan hasil pengawasan hanya pada tahun 2012. Senin kemarin, produk-produk ilegal dari Kalteng dengan nilai keekonomian sebesar Rp 262,58 juta juga dimusnahkan. Obat dan makanan yang dimusnahkan merupakan hasil pengawasan pada tahun 2010-2012.

Produk-produk yang dimusnahkan seperti suplemen makanan, kosmetik, pangan, krim pelangsing, dan jamu ilegal, serta obat tradisional mengandung bahan kimia . Produk-produk itu palsu, mengandung bahan berbahaya, atau dijual tanpa disertai izin edar. (kompas.com/ sampitonline.com)



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.